Minggu, 16 Juni 2013

WITH GENERAL SUPPORTING OF Medium Tax Office

Hayy saya akan cerita sedikit mengenai pengalaman magang saya di KPP Madya Surabaya, foto diatas yaitu dengan sub bag umum dari kiri ke kanan ada Pak Retry, Mbak Widya, Saya, Bu Daru, Bu Ike, dan Pak Wawan.

Liburan semester 5, saya mendengar pengumuman bahwa PCC mengadakan Program Magang Mandiri semester gasal 2012/2013. Dan mendengar isu kalau  program magang itu wajib buat syarat skripsi, jadi saya tergerak untuk ikut program magang tersebut. Pada saat itulah saya segera mengumpulkan informasi mengenai Program Magang Mandiri seperti persyaratan magang yang salah satunya harus terdaftar sebagai anggota PCC. Karena persyaratan itulah saya bergegas mengurus administrasi setelah administrasi telah selesai segeralah saya menyerahkan bukti pembayaran ke PCC untuk ditukarkan dengan sertifikat keanggotaan PCC. Setelah beberapa hari saya mendengar pengumuman bahwa harus menyerahkan alamat tempat untuk magang. Tapi stlh saya terdaftar sebagai angoota PCC, saya masih bingung mau magang dimana. Berawal dari pengumuman itu saya agak bingung karena saya sama sekali tidak mempunyai kenalan dari perusahaan apalagi ini kali pertama saya magang. Saya dapet informasi dari alumni STIE Perbanas, bahwa Kantor Pelayanan Pajak bisa menerima mahasiswa buat magang. Jadi saya berdiskusi dengan teman saya kami sepakat untuk magang di Kantor Pelayanan Pajak. Untuk memastikan apakah KPP tersebut menerima anak magang atau tidak saya dan teman saya pergi ke KPP tersebut tepatnya di jalan Jagir. Pada saat pertama kali kesana saya mengira bahwa seluruh gedung adalah satu KPP ternyata dalam gedung itu terdapat beberapa KPP seperti Kanwil DJP Jawa Timur I, KPP Madya, KPPP Rungkut. KPP Wonocolo. Pada saat itu lah saya tiba di lantai 6 tepatnya di Kanwil DJP Jawa Timur I kami di beritahu untuk bertemu dengan Bapak Zauky selaku bagian humas. Disana saya dan teman saya menanyakan segala sesuatu mengenai magang dan Alhamdulillah ternyata disana menerima anak magang. Keesokan harinya saya dan teman saya mengumpulkan formulir ke PCC untuk dibuatkan surat pengantar. Tidak hanya mengumpulkan formulir saja kami peserta magang juga wajib mengikuti pembekalan magang guna menghindari miss komunikasi. Tentu saja pembekalan magang tersebut sangat menguntungkan bagi kami untuk apalagi kalau bukan untuk menambah poin softskill.Setelah saya mengikuti pembekalan magang kami menerima surat pengntar untuk diserahkan kepada perusahaan karena berhubung ada beberapa teman saya yang mengikuti pembekalan magang di batch 3 maka surat pun diberikan pada akhir pembekalan magang batch 3. Selanjutnya surat diberikan pada Pak Zauky selaku humas di Kanwil DJP Jawa Timur I, saya dan teman-teman saya menunggu surat balasan. Setelah beberapa hari Pak Zauky menghubungi teman saya bahwa kami berenam akan dipecah di KPP yang berbeda. Saya dan teman saya Fanda mendapatkan kesempatan magang di KPP Madya Surabaya, oleh karena itu saya harus mengurus surat pengantar kembali yang ditujukan pada Kepala Kantor Pelayanan Pajak Madya Surabaya. Setelah saya mengurus surat pengantar yang baru saya dan teman saya mengantar surat tersebut ke Pak Zauky dan tidak lupa saya memberikan tanda terima. Setelah beberapa minggu kemudian surat saya mendapat kabar bahwa saya dan Fanda di terima magang di KPP Madya SurabayaKemudian saya mengambil surat itu ke Kanwil DJP untuk selanjutnya diberikan ke PCC, dan ke KPP Madya Surabya. Selanjutnya keesokan harinya saya dan Fanda pergi ke KPP Madya Surabaya tepatnya di lantai 4 jalan jagir. Disana kami disambut oleh Bapak Retri selaku bagian umum di KPP Madya Surabaya dan kami pun mengutarakan maksud kedatangan kami dan tak lupa menyerahkan surat yang kami terima dari pihak Kanwil DJP Jawa Timur I. Setelah itu kami berinisiatif berkunjung ke KPP Madya Surabaya untuk menanyakan hal-hal apa saja yang perlu disesuaikan selama proses magang berjalan. Kami pun dijelaskan mengenai jam masuk kantor, pakaian yang digunakan, serta ditempatkan dimana selama magang. Ternyata saya dan Fanda di ditempatkan di bagian yang tidak sama.Saya ditempatkan di bagian umum tepatnya di sekretaris.Disitu saya mendapatkan pembimbing yang masih muda namanya Mbak Widya, Hari pertama magang saya dikenalkan dengan aplikasi-aplikasi surat masuk dan surat keluar.Pada hari pertama jujur saya masih bingung, karena Mbak Widya, wktu pertama kali menjelaskan sangat cepat sekali dan saya kurang menangkap penjelasannya. Tapi selang beberapa hari berikutnya saya mulai mengerti dan memahami, mengenai disposisi surat masuk, rekam surat keluar dll. Di bagian umum situ saya banyak di kenal pegawai-pegawai situ karena banyak pegawai yang datang ke sekretaris minta dibuatin surat/minta stempel, jadi sering kali mereka bertanya kepada saya ,nama saya dan dari kampus mana.Selama Magang saya tidak berdiam diri ditempat terus,saya mencoba bertanya-tanya kepada setiap seksi-seksi disitu tentang pekerjaan mereka.Jadi Ilmu yang saya dapatkan disana tidak hanya tentang keskretariatn saja. Disana saya sering di samperin sama pegawai yang namanya Pak Alex, beliau adalah pegawai bag seksi Pengawas dan konsultasi, beliau sering mengajak ngobrol saya, seputar Perpajakan, Saya sangat senang bisa kenal dengan Pak Alex. Hari demi hari saya lewati sebelum magang saya berakhir saya dan teman saya vanda, berencana mau memeberi kenang-kenangan para Pegawai KPP Madya, sayapun akhirnya membelikan kenang-kenangan Jam Dinding Perbanas dan Mug Perbanas.Hari terakhir saya merasa sedih karena harus meninggalkan KPP Madya, saya masih pengen Magang lebih lama lagi, dan suatu saat saya ingin bisa bekerja di KPP Madya Surabaya.

2 komentar:

  1. Mba lha klo magang di kpp itu dibayar atau tidak soalnya denger2 enggak klo di pemerintah klo di jasa raharja dibayar mba temen saya magang :o

    BalasHapus
  2. kak boleh minta kontak? saya mau tanya-tanya tentang magng di kpp

    BalasHapus