Sabtu, 22 Juni 2013

PENGEN JADI AUDITOR

PENGEN KERJA DI KAP..


Hayy guyss,,, skrg nih ak lgi pusing mikirin arah tujuan kerja nnt mau kemana,,, skrg ud smster 6 dan pstinya gk lama lgi aku lulus kuliah, hmmm kok msh bingung yaa mw kerja dmn,,,

Soalnya jurusan yg aku ambil kan akuntansi jd y kerja dmn aja bisa,,heheh bisa di KAP, jd auditor, kerja di perusahaan jd Accounting , Pajak, atau kerja di Bank???Sejatinya sebagai seorang lulusan akuntansi paling cocok emang kerjanya di KAP, jadi auditor. Yaaah itu impian ku mnjadi seorang profesional auditor independent. Tapii untuk mnjdi seorang auditor kita harus paham bener konsep akuntansi dan harus siap fisik jg. Bagi kaum awam mungkin ada yg gk ngerti apa c auditor itu???Sama seperti halnya dokter, arsitek, insinyur, atau tukang ojek, auditor adalah profesi, yang biasanya punya suatu paguyuban atau perkumpulan profesional. Dan kita dibayar atas jasa yang kita lakukan.
Anda puas, Kami lemas! Wkwkkwkkwwk J

Dalam hal ini, melakukan audit terhadap laporan keuangan suatu perusahaan agar penyajiannya sesuai dengan standar-standar dan peraturan yang berlaku. Baik itu standar akuntansi keuangan, pajak, peraturan pemerintah dan standar lainnya.

Biasanya, kita diminta melakukan audit ke suatu perusahaan oleh suatu lembaga lain, misalnya Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) bagi perusahaan-perusahaan yang listing di bursa. Bapepam mewajibkan perusahaan yang listing di bursa untuk di audit setiap tahunnya. Karena biasanya perusahaan diaudit di akhir tahun, demi memenuhi kewajiban pelaporan pajak mereka yang biasanya dilakukan di bulan Maret.

Yaa bgitulah, pokoknya aku pengen banget kerja di KAP dan jd Profesional Auditor..namun aku msh bnyak kekuranganya,,akuntansi ku mgkin yaa gk pinter” amat, tp karena saya px keinginan yg kuat semoga suatu saat bisa terwujud, karena kita bs pandai sesuatu bs melalui learning by doing , artinya kalau qt sdh terjun mgkin akan trbiasa dan pasti akan jadi ahli. So, walapun saya mgkin bkn orang yang cetar dan pinter akuntansi , tp saya mau belajar terus ttg akuntansi dan mau belajar tentang audit.

Ada 4 KAP Big Four Di Indonesia:

 1.    Pricewaterhousecoopers (PWC)

 2.       Ernst & Young (EY)

3.         Deloitte

4.         KPMG

Silahkan googling jika ingin tau detail dan sejarah mereka. Sisanya, ada ratusan KAP yang ada di Indonesia, tapi yang paling terkenal ya 4 kantor itu.

Auditor ada yang internal dan eksternal. Yang internal itu maksudnya menjadi bagian dari satu organisasi itu sendiri, auditor yang kita gaji.

Kalo eksternal itu auditor independen yang kita bayar jasanya. Pemerintah juga punya auditor sendiri dalam mengaudit pemda-pemdanya. Namanya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk auditor internalnya dan Badan Pemeriksa Keuangan sebagai auditor eksternalnya.

Menurut pengalaman orang” yang pernah kerja di KAP,ada positif n negativ nya

Positifnya :

1. Career acceleration, jadi auditor membuat anda CENDERUNG gampang mendapat kerjaan yang lebih baik.

2. Dinamis, kerjaan ga monoton dalam cubicle doang.

3. Bisa jalan-jalan gratis, seluruh indonesia bisa anda jelajahi. Bahkan temen saya dapet klien resort mewah di Bali.

4. Pengetahuan anda tentang akuntansi dan business process meningkat drastis!

5. Kemungkinan dibajak dengan karir yang lebih baik (better salary of course) sangat terbuka lebar.

6. You can come to your client’s office with pride! Coz you’re an auditor.

7. Lo bisa berdiskusi dan tuker pikiran dengan orang-orang berposisi tinggi yang bahkan pegawai disitu ga berani menatap matanya (thanks for maya for this)

Negatifnya :

1. Lembur-lemburan menggila mungkin ngga cocok bagi sebagian orang (mulai dari faktor manja, keluarga ga setuju ampe faktor kesehatan)


3. Ngga cocok buat orang yang pengen kerja santai dan tanpa beban.

4. Ketika lagi menggila, banyak auditor yang ga sempet ganti kolor dan terpaksa nginap di kantor.

Jadi, demikianlah sedikit gambaran auditor itu apa. SO, saya pengen bgt kerja di KAP. Semoga Allah mengabulkan do’a ku inii. Amiin






1 komentar:

  1. kalo dilihat dari sisi negatifnya itu, berarti auditor tuh harus laki-laki ya??soalnya kan aku perempuan..pasti sama ortu rentan ga boleh pulang malem,lembur dll,padahal aku pengen bgt jadi auditor,jd gmn?? gender ga membatasi kita dalam pekerjaan kan?

    BalasHapus